Rapat Koordinasi Persiapan PHBN HUT RI Ke-79: Pemerintah Desa Kaligede Siapkan Perayaan Kemerdekaan dengan Matang

  • Aug 14, 2024
  • Kaligede

Sabtu, 27 Juli 2024 13:00

Kontributor :  Sofia Nurdiana Mahasiswa KKN UNIROW TUBAN

Tuban- Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Desa kali Gede Kecamatan Senori kabupaten Tuban mengadakan rapat untuk Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dihadiri perangkat desa serta perwakilan koordinator RT dan beberapa tamu undangan yakni Ibu PKK,Karang Taruna, Babinsa serta Mahasiswa KKN Unirow Tuban pada Sabtu (29/07/24) di Balai desa Kali Gede.

Kepala desa Bapak Suprapto memberikan sambutan berisi Apresiasi dan harapannya untuk Masyarakat desa kali gede. “Saya tidak menyangka masyarakat kaligede sangat Antusiasme menyambut Hut Kemerdekaan yang mana saya lihat sudah terpasang pager-pager rapi juga gapuro yang dibuat indah saat saya melintasi jalan pagi ini, setiap malam terdapat ibu-ibu Latihan gerak jalan yang mendominasi suasana depan rumah juga suara ketukan palu para bapak-bapak desa membangun pagar, saya berharap dengan adanya berbagai acara juga perlombaan bukan semata ingin menang namun untuk merawat desa”, Tutur Bapak Suprapto Saat Sambutan.

Bapak Sumaryono Selaku Ketua Pelaksana (Ketupel) PHBN menjelaskan beberapa hal yang perlu disiapkan juga mengutarakan tujuannya dalam menyelenggarakan rangkaian Acara untuk Hut Kemerdekaan. “Terkait  Persiapan yang dilombakan ada Volly ball, Gerak Jalan, Lingkungan Sehat, Panjat pinang,  yang mana Masyarakat merespon bagus dengan persiapan Seksi-Seksi yang sudah cukup matang dapat dilihat Tiba-tiba per RT punya lapangan volly untuk Latihan, Setiap Malam Terdengar Yel-yel ibu Gerak jalan,walau pada Rapat kurang banyak yang mengutarakan, dan  untuk perlombaan yang tidak dilombakan  ada Jalan Sehat dan Pentas Seni, untuk tujuan saya mengadakan perlombaan yakni membangun memotivasi Masyarakat supaya peduli lingkungan, dan setiap malam dapat dilihat para bapak desa kali gede bekerjasama membuat pagar tanpa peduli rumah siapa demi menjalin kerukunan serta kemakmuran desa”, Jelas ketupel Ketika diwawancarai terkait Perlombaan dan tujuan diadakannya berbagai jenis persiapan dalam rangkaian acara PHBN.

Ketupel Berharap “Apapun yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik serta sukses, memberikan warna baru  kemasyarakat untuk memunculkan image desa kali gede juga menyadarkan Masyarakat pentingnya kerukunan, dan kemakmuran itu berada, membuat citra desa yang lebih unggul lagi”,Ungkapan Bapak sumaryono Ketika ditanya harapan untuk acara PHBN dan desa kali gede.

Ketua PKK juga menyampaikan harapannya terkait Acara PHBN yakni setiap tahun bisa lebih berkembang dan pointnya Masyarakat lebih antusias dalam menyelengarakan serta memeriahkan Hut kemerdekaan Negara Indonesia “Tahun depan lebih maju, Semangat warganya lebih giat, serta guyub rukun bareng”,Ucap Salah satu tamu undangan Rapat PHBN.

Selain itu, Bapak Sumaryono juga mengutarakan  dalam rapat bahwa beberapa usulan terkait berbagai perlombaan dalam acara PHBN dari pihak panitia telah menimbang kemudian baru mengadakan rapat chek in persiapan setiap satu minggu sekali supaya dapat mengetahui progres per seksi dan melangsungkan evaluasi kinerja perkoordinator untuk mengontrol apa yang telah dilaksanakan dan meninjau perkembangan acara PHBN. Ketupel juga mempersilahkan  beberapa persiapan acara perlu melibatkan Mahasiswa Kkn sehingga acara dapat berlangsung dengan semaraknya dan Lancar. (Diana)

Berita ini merupakan Kolaborasi anggota KKN-T UNIROW TUBAN dengan Perangkat Desa Kaligede Kecamatan Senori Tuban.

WebKaligede.com