MUSDES PENYUSUNAN RKPDESA TAHUN 2025

  • Jul 04, 2024
  • Kaligede

Kaligede, 26 Juni 2024 mulai pukul 09:00 telah diadakan musdes penyusunan RKPDesa Tahun 2024. Musdes adalah salah satu proses partisipatif dalam penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDesa) yang dilaksanakan oleh pemerintah desa bersama dengan masyarakat desa. Musdes RKP Desa adalah salah satu cara yang efektif untuk melibatkan masyarakat dalam perencanaan pembangunan desa. Dalam musyawarah, masyarakat dapat menyampaikan usulan dan masukan, yang kemudian didiskusikan untuk merumuskan program dan kegiatan yang dianggap penting (prioritas). Hasil penetapan RKP Desa menjadi dasar bagi pemerintah desa dalam menyusun dokumen resmi RKP Desa. Dimana RKPDesa sendiri merupakan penjabaran dari RPJM. 

Musdes RKPDesa sendiri dihadiri oleh ussur BPD, Pemerintah desa, ketua RT/RW, Tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna, LPMD, posyandu, BUMDES, perwakilan dari unsur pendidikan, kecamatan dan undangan lainnya. Dalam musdes tersebut didahului oleh sambutan, baik sambutan dari ketua BPD, Kepala Desa dan Bapak Camat, dalam sambutan ini bapak kepala desa menyampaikan harapannya, yaitu dengan ada musdes ini semua aspirasi rakyat bisa tersampaikan, dan semoga bisa terwujud demi kemajuan desa Kaligede.

Setelah sambutan dari beberapa narasumber dibentuklah tim 7, dimana tim 7 ini nantinya bertugas untuk menyusun RKPDesa berdasarkan usulan dari masyarakat. Dalam tugasnya, tim 7 ini nantinya akan membuat skala prioritas dari beberapa usulan warga, dimana usulan yang lebih urgen akan diranking pada ranking pertama dan seterusnya. sehingga pembangunan bisa merata, tidak hanya pembangunan infrastruktur tapi ada yang lebih penting, yaitu pembangunan sumber daya manusia.

Sebagian besar dari warga mengusulkan pada bidang pemberdayaan, agar pada bidang tersebut bisa menjadi fokus pembangunan di tahun 2025 dan tahun-tahun berikutnya. dengan tujuan, jika sumber daya manusia lebih baik, maka ekonomi warga juga akan semakin baik.