Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

Pembuatan Pupuk Bokashi Sebagai Salah Satu Kegiatan Non-Fisik TMMD ke-113

17 Mei 2022 09:51:44  Desa Digital  110 Kali Dibaca  Berita Desa

Jumat, 13 Mei 2022 Pukul 13:00 yang berlokasi di rumah ketua Poktan Jaya Makmur RT 011/RW 03 Dusun Sarang Desa Kaligede dilaksanakan pelatihan pembuatan pupuk bokashi. Pembuatan pupuk bokashi ini diikuti oleh ketua dan anggota dari kelompok tani serta warga setempat. Kita tahu sendiri mayoritas penduduk desa kaligede adalah petani, dan kebutuhan pupuk sangatlah penting. Tidak hanya pupuk anorganik, tetapi juga pupuk organik, karena keduanya harus imbang dalam pemakaiannya.

Pupuk bokashi sendiri merupakan pupuk yang dihasilkan dari fermentasi bahan-bahan organik seperti sekam, serbuk gergajian, jerami, kotoran hewan dan lain-lain. "Bahan-bahan tersebut difermentasikan dengan bantuan mikroorganisme aktivator yang mempercepat proses fermentasi. Campuran mikroorganisme yang digunakan untuk mempercepat fermentasi dikenal sebagai effective microorganism (EM). Penggunaan EM tidak hanya mempercepat proses fermentasi tetapi juga menekan bau yang biasanya muncul pada proses penguraian bahan organik" ujar Bu Hanik selaku PPL Desa Kaligede.

Pelatihan pembuatan pupuk bokashi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian warga desa kaligede, dan juga mengurangi penggunaan pupuk anorganik.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Portal Kabupaten Tuban
Pengaduan Layanan Publik
Tuban Smart City
JDIH Kabupaten Tuban
Mal Pelayanan Publik
DTKS Kemensos
Prodeskel

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Kaligede
Desa : Kaligede
Kecamatan : Senori
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62372
Telepon :
Email : senorikaligede@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:386
    Kemarin:442
    Total Pengunjung:48.517
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.137.63
    Browser:Tidak ditemukan