24 Februari 2020 11:18:26
Ditulis oleh Admin

Sosialisasi Sensus Penduduk Online

Dalam rangka Sensus Penduduk 2020, Pemerintah melalui BPS atau Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri melakukan Sensus Penduduk Online. Setelah kepala desa mendapat sosialisasi dari Kecamatan selanjutnya kepala desa melanjutkan informasi tersebut ke warga melalui ketua RT.

BPS melakukan sensus penduduk melalui dua cara, yakni daring (online) dan door to door (offline).
Sensus Penduduk 2020 online melalui sensus.bps.go.id dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang. Sementara, sensus penduduk wawancara atau door to door (offline), petugas akan datang pada 1 hingga 21 Juli 2020.

Dalam Sensus Penduduk Online (SPO) 2020, penduduk diharapkan dapat melakukan pengisian data diri dan keluarga secara mandiri melalui laman sensus.bps.go.id. Adapun beberapa hal yang harus disiapkan untuk ikut serta SPO, yakni Kartu Keluarga, KTP, Buku Nikah/Dokumen Cerai.

Saat ini masyarakat bisa mengecek NIK dan nomor KK untuk memastikan telah tercatat di database untuk mengikuti SPO. Sementara bagi masyarakat dengan NIK dan nomor KK tidak tercatat, harus menunggu Sensus Penduduk Wawancara. Sensus Penduduk Wawancara akan dilaksanakan pada 1-31 Juli 2020 mendatang.

Partisipasi masyarakat akan membantu pemerintah dalam mendapatkan data kependudukan yang akurat dan mutakhir.

 


Kategori
comments powered by Disqus