31 Oktober 2019 13:00:43
Ditulis oleh Admin

Evaluasi RPJMDes Kaligede

3 bulan setelah dilantik maka kepala desa harus sudah menyelsaikan RPJMDesa. RPJMDesa merupakan keendekan dari rencana pembangunan jangka menengah desa hal ini termaktub dalam Pasal 79 UU No. 6 tentang Desa Tahun 2014. RPJMDes adalah rencana pembangunan jangka 6 tahun, sesuai rentang kekuasaan seorang klepala desa untuk sekali masa kekuasaan. Apa saja yang akan dicapai, bagaimana mencapai harus terjelaskan dalam RPJMDes. Jangan salah, selain RPJMDes, pemerintahan desa juga harus menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa yang berlaku untuk satu tahun. RKP ini tentu saja haruslah sesuai yang ada dalam RPJMDes. RKP Desa ini boleh dikatakan sebagai anakan dari RPJMDesa.

RPJMDes memuat visi misi kepala desa dan apa yang akan dikerjakannya selama memimpin desanya. Dalam RPJMDes terdapat arah kebijakan pembangunan desa, rencana kegiatan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan apa saja kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bakal dilakukan pemerintah desa.

Berhubung waktu penususnan RPJMdesa ini tinggal 2 minggu, maka pihak kecamatan sesuai tupoksinya yaitu kasi PMD melakukan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan untuk melakukan pengecekan dan memberikan bimbingan kepada tim 9 khususnya sebagai tim penyusun RPJMDesa. Setekah dilakukan pengecekan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, misalnya profil desa mengenai keanggotaan LPMD yang belum lengkap karena ada yang sudah meninggal dan ada usulan yang belum tercover. Untuk perbaikan maka sebelum tanggal 14 November maka Tim 9 harus segera melakukan perbaikan, karena tanggal 14 November merupakan batas akhir penyususnan RPJMDesa.


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori
comments powered by Disqus