09 September 2019 12:09:04
Ditulis oleh Admin

Aset Desa Harus Dilindungi

Aset Desa adalah barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli milik Desa, dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) atau perolehan Hak lainnya yang sah. Aset desa sangat penting, oleh sebab itu harus didata dan dilindungi.

Sedangkan pengelolaan aset desa adalah rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, peghapusan, pemindah-tanganan, penatausahaan, pelaporan, penilaian, pembinaan, pengawasan dan pengendalian aset desa.

Beberapa bulan kemarin sebelum pergatian kepala desa baru kepala sekolah SD Kaligede menyodorkan surat pernyataan kepala desa. padahal surat tersebut yang mengeluarkan bukan kepala desa. dakam surat tersebut tertuliskan bahwa kepala desa menyatakan bahwa tanah yang digunakan untuk sekolahan adalah tanah milik kabupaten tuban, dan tidak terdaftar di buku C desa. padahal tanah tersebut adalah aset desa dan terdaftar di bukiu C desa. sehingga Kepala desa perlu mengadakan rapat terkait hal tersebut.

akhirnya dari rapat tersebut disepakati bahwa kepala desa tidak akan menanda tangani surat pernyataan tersebut dan tanah tersebut adalah tetap aset desa.


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori
comments powered by Disqus